Wisudawan TMM Diminta Mempersiapkan Diri untuk Bersaing secara Kompetitif
Trisakti School of Multimedia (TMM), melangsungkan Wisuda Tahun Akademik 2017/2018 yang dihelat di Carani Ballroom, Sasana Kriya, TMII, Jakarta, Rabu (5/11/2018).
Pada wisuda kali ini, TMM meluluskan 91 orang sarjana yang terdiri dari 87 lulusan S1 Program Studi Desain Komunikasi Visual dan 4 lulusan Diploma IV Teknologi Grafika.
Ketua TMM, Budi Suyanto, S.Sn., M.Si, di hadapan wisudawan menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan berharap mereka dapat membawa nama baik almamater di masyarakat, Ketua TMM juga berharap para lulusan dapat berkiprah di industri kreatif dan industri grafika secara nyata baik sektor formal maupun non formal, serta dapat bersaing di kancah internasional.
Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan oleh Ketua TMM mengenai rencana diluncurkannya program magang di Jepang dan China, yang pada kesempatan ini hadir Mr. Su Nianjun dari Oversea Students Communication Association of Yang Jiang China (OSCAYJ) yang akan menjadi mitra dalam menangani program kerjasama dengan China.
Disampaikan pula bahwa di tahun kedepan TMM akan membuka proram studi Tehnik Broadcasting, pembukaan program studi tersebut TMM bermitra dengan jawapostv sebagai penyedia konten pembelajaran dan sarana praktek mahasiswa, hadir dalam acara tersebut Bapak Maesa Samola, CEO jawapostv. Dengan kolaborasi ini, TMM dan jawapostv berupaya untuk mengembangkan industri broadcast, khususnya pertelevisian.
“TMM bersama jawapostv siap melakukan kolaborasi dalam mempersiapkan SDM yang handal dan profesional di bidang broadcast (pertelevisian). Diharapkan kerjasama tersebut mampu membuat industri pertelevisian lebih berkualitas lagi.” ucap Maesa Samola dalam kata sambutannya.
Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus dari Yayasan Trisakti, yang diwakili oleh Ketua 1 Yayasan Trisakti, Bapak Dr. Himawan Brahmantyo, MM mengatakan bahwa komponen sivitas akademika sudah melampaui satu tahapan dalam pembentukan SDM unggul Bangsa Indonesia.
“Saya doakan agar Saudara semua dapat dengan sukses mengarungi tahapan-tahapan pembentukan SDM unggul berikutnya baik pada jenjang pendidikan berikutnya maupun di lapangan kerja.” Ujar pak Him
Bapak Himawan juga menyampaikan bahwa selama belajar di TMM, belum sepenuhnya mewujudkan seluruh potensi unggulan dalam diri mahasiswa masing-masing. Karena itu, mahasiswa harus terus berkembang mewujudkan segala potensi dan siap menjadi SDM Unggul.
Orasi Ilmiah wisuda kali ini mengangkat tema “Brand, Branding, Rebranding” dengan menghadirkan Alexandra Bastedo, selaku Founding Partner untuk The Council, Brand Advisory.
Alex yang pernah berkarir di Interbrand Singapore selama 4 tahun sebagai Client Director dan 16 tahun di Landor Branding Associates Worldwide memaparkan brand bukanlah sekedar iklan, logo, jingle, simbol, ambasador, produk, slogan, nama. Brand adalah aset bisnis yang hidup, dibawa ke kehidupan di semua titik kontak yang, jika dikelola dengan baik dan benar, dapat menciptakan identifikasi positif, diferensiasi, dan nilai.
“A brand is a living entity, and it is enriched or undermined over time, the product of a thousand small gestures” ujar Alex mengutip Michael Eisner, former CEO of Walt Disney.