Unleash Your Creativity, Be Bold in Creative Industry
Berawal dari dunia industri kreatif yang semakin berkembang sehingga menyebabkan banyak nya pelaku industri dengan karakteristiknya yang bermacam-macam. Dari sekian banyak pelaku industri kreatif, hanya segelintir pelaku industri kreatif Indonesia yang mampu menembus market internasional. Perbedaan mindset serta cara bekerja menjadi faktor penting dalam hal ini. Maka dari itu kami membuat seminar dengan tema “Unleash your creativity, be bold in creative industry” untuk memberikan bekal kepada para pelaku industri yang ingin terjun ke industri kreatif internasional ataupun industri kreatif lokal agar tetap konsisten serta berkarakter pada karir nya di industri kreatif.
Maksud diadakannya seminar ini adalah untuk membangun pola pikir (mindset) para pelaku industri kreatif maupun yang ingin terjun ke dalam dunia industri kreatif agar tetap konsisten dan berkarakter serta berani menciptakan peluang pada karirnya. Sedangkan tujuan diseminar ini adalah memberikan pengetahuan tentang bagaimana menciptakan peluang di dunia industri kreatif, memberikan inspirasi untuk berani dalam mengambil peluang pada industri kreatif dan memberikan inspirasi bagi ara pelaku kreatif agar dapat membuat karya yang dapat bertahan bahkan menjadi yang terbaik didalam dunia industri kreatif.
Kegiatan Acara seminar ini diadakan pada sabtu, 23 Maret 2019 pukul 10.00 sampai 12.00 di Aula School of Multimedia Trisakti dengan pembicara atau narasumber Aras Darmawan. Aras Darmawan adalah seorang Art Director dan profesional kreatif yang menghabiskan separuh hidupnya untuk menghasilkan cerita-cerita visual untuk merek-merek atau brand diseluruh dunia.
Menyelesaikan S-1 Seni/Desain Komunikasi Visual dari Saxion Hogescholen, Belanda, pada 2008, Aras memulai kariernya menjadi motion designer di Post Panic pada 2009 dan berlanjut di Tronic pada 2010 – keduanya di Belanda. Menurut dia, motion design, intinya merupakan segala bentuk dan form grafis yang bergerak, entah itu ilustrasi, tipografi, foto, video, 3D, atau yang lain. Perbedaannya dengan animasi terlihat dari monografnya yang lebih berbasis ke root desain grafis. Yang membuat unik, motion design mengambil unsur-unsur dari film, musik dan animasi itu sendiri. Pasar yang dibidik adalah industri yang menyangkut desain grafis bergerak, baik periklanan, online/digital, broadcasting atau televisi, hingga dunia film.
Ribuan mil dari tanah kelahirannya, Aras Darmawan mengguratkan tinta emas sebagai motion graphic designer yang dipercaya sejumlah merek dunia. ESPN, Mercedes-Benz, Nickelodeon, Nike, MTV, TNT, Samsung, Philips, Google, Showtime Networks, Verizon, Xerox, Honda, Audi, Lacoste, American Express, TBS, CocaCola, Heineken dan Red Bull adalah sejumlah merek yang menggunakan jasa Aras sebagai desainer grafis bergerak. Kelahiran 1986 ini memang sejak 2011 meramaikan jagat industri rumah produksi, stasiun TV kabel, dan perusahaan periklanan di New York. Karyanya juga banyak diganjar penghargaan. Sebut saja, Total Package Art Direction & Design: Program-On-Air (Gold), Art Direction & Design: Program Bumper (Gold), dan Entertainment Program Campaign (Gold), semuanya dari Dexter Campaign/Finale Promo Packaging done at Showtime Network.
Acara seminar “Unleash Your Creativity, Be Bold in Creative Industry” berjalan dengan lancar. Sebanyak 64 peserta menghadiri acara seminar ini yang berasal dari berbagai daerah mulai dari Jakarta, Depok, Surabaya bahkan Makassar.
Dalam seminar ini peserta sangat antusias dan fokus selama mengikuti acara. Para peserta juga banyak bertanya pada sesi Q &A yang di adakan dalam dua sesi. Pada akhir acara juga diadakan doorprize untuk para peserta yang berhadiahkan empat buku.
“Acara nya berjalan dengan lancar. Tidak ada kendala yang berarti dan service panitia dari segi fasilitas dan lain-lainnya sangat memuaskan” tutur narasumber Aras darmawan