
Walikota Medan dan Trisakti School of Multimedia: Upaya Kolaboratif dalam Membangun Branding Kota Medan yang Ikonik

Medan, 2 Juli 2025 — Menyadari krusialnya branding dalam memajukan sebuah daerah, Trisakti School of Multimedia Jakarta telah mengadakan pertemuan dengan jajaran Kantor Walikota Medan. Kegiatan audiensi ini dilaksanakan di Ruang Rapat I Kantor Walikota Medan, pada hari Rabu 2 Juli 2025. Pertemuan ini menjadi platform diskusi tentang bagaimana kota-kota di Indonesia, khususnya Medan, dapat mengembangkan branding yang kokoh, mudah dikenali, dan mampu menarik perhatian masyarakat luas. Selain itu, tujuan lainnya dari kunjungan ini adalah untuk memfasilitasi pembahasan yang lebih mendalam mengenai pentingnya city branding dan mengeksplorasi strategi yang dapat digunakan oleh Kota Medan untuk membangun citra yang kuat, mudah diidentifikasi oleh publik, serta potensi unik dari berbagai sektor yang ada di Kota Medan.
Dalam kesempatan tersebut, Ketua Trisakti School of Multimedia, Budi Suyanto, M.Si., hadir didampingi oleh Kepala Kerjasama Trisakti School of Multimedia, Rizky Fauzi, M.I.Kom. Kunjungan istimewa ini mendapat sambutan hangat dari Walikota Medan, Bapak Rico Tri Putra Bayu Waas, beserta seluruh jajarannya. Melalui sambutannya, Budi Suyanto, M.Si. menyampaikan bahwa pertemuan ini akan menjadi awal yang baik untuk berdiskusi secara konstruktif mengenai pengembangan branding kota Medan dan awal sinergi yang baik untuk Trisakti Multimedia dapat berkolaborasi dengan Walikota Medan.
Walikota Medan Bapak Rico Tri Putra Bayu Waas menyoroti keberagaman dan harmoni yang menjadi karakteristik dari Kota Medan. Menurut Rico, hal tersebut merupakan inspirasi yang kuat dalam membangun identitas kota. Walikota Rico Waas menekankan bahwa pembangunan branding kota membutuhkan riset yang mendalam, dan tidak hanya terpaku pada elemen visual semata. Branding yang efektif harus mampu merefleksikan keunikan dan daya tarik sejati sebuah kota.

Dalam diskusi yang berlangsung hangat tersebut, kedua belah pihak sepakat bahwa branding kota bukan hanya soal membuat logo atau slogan yang menarik, tetapi juga menyangkut bagaimana membangun narasi yang kuat mengenai keunikan Medan. Narasi tersebut harus mampu menggambarkan sejarah, budaya, potensi pariwisata, hingga keunggulan ekonomi kreatif yang dimiliki Kota Medan. Maka dari itu, kunjungan Ketua dan Kepala Kerjasama Trisakti Multimedia Jakarta ini merupakan “jodoh” yang cocok untuk dapat berkolaborasi dan bersinergi membangun city branding bagi Kota Medan. Tak hanya itu, Budi juga memaparkan bahwa Trisakti Multimedia juga telah memiliki berbagai program kerja sama, sehingga ini merupakan penawaran yang unggul untuk dapat bekerja sama dengan Kota Medan.
Selain penawaran kerja sama dalam pengembangan branding kota, pertemuan ini juga melahirkan aspek tawaran lainnya yang juga mencakup bidang pendidikan untuk pembuatan program beasiswa, pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta pelatihan dan pembinaan komunitas kreatif sebagai wujud komitmen dari Trisakti School of Multimedia untuk berkontribusi pada kemajuan Kota Medan.
Melalui kerja sama ini, Trisakti School of Multimedia Jakarta dan Pemerintah Kota Medan menegaskan komitmen bersama untuk menghadirkan Medan sebagai kota yang tidak hanya maju secara infrastruktur, tetapi juga unggul dalam citra dan identitas yang kuat. Sinergi ini diharapkan dapat menjadi contoh kolaborasi strategis antara dunia pendidikan dengan pemerintah daerah dalam memajukan kota-kota di Indonesia melalui kekuatan branding.
